A. Bahan Kajian Kritis
Bahan ajar/bahan
yang diajarkan
B. Materi Kegiatan
Judul : Panca Indera Manusia
Sumber : Buku Sumber IPA Erlangga
Jenjang : Nasional
Penulis : Drs. Haryanto
Tahun Terbit : 2007
C. Aspek Yang Dikaji Secara Kritis
Ø
Keterbacaan sistimatika, bahasa
Ø
Tingkat kesulitan bagi siswa
Ø
Keadalaman siswa
Ø
Ilustrasi dan tata letak
D. Hasil Kajian
1.
Ringkasan Tentang Materi Kajian
a.
Bagian-bagian panca indera manusia
Mata, telinga,
lidah, hidung, kulit
b.
Kegunaan bagian-bagian panca indera manusia
-
Mata untuk indera penglihat
-
Telinga untuk indera pendengar
-
Lidah untuk indera pengecap
-
Hidung untuk indera pembau dan sebagai jalan pernapasan
-
Kulit untuk indera peraba dan sebagai pelindung tubuh
c.
Cara merawat panca indera manusia
- Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin A sangat baik bagi
kesehatan mata
-
Kebersihan telinga harus dijaga agar lubang telinga tidak tersumbat
- Hindarilah memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan
sikat gigi yang bersih dan lembut.
- Setiap hari, hidung dibersihkan
- Untuk kebersihan kulit, mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan
kaki sebelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E.
2.
Kritik
d.
Kelemahan
1)
Keterbacaan (sistimatika/bacaan)
Terdapat penempatan
gambar dengan petunjuk yang tidak akurat sehingga keterbacaannya oleh siswa
kurang tepat, bahkan dapat membingungkan. Contohnya gambar 1.17 bagian-bagian
mata manusia menunjukkan kornea (selaput bening) dan iris (selaput pelangi),
padahal keduanya harus berbeda satu tempat tempat karena iris (selaput pelangi)
adalah selembar otot yang terletak dibelakang karena sementara tampak pada
gambar adalah kornea dan iris ada pada tempat yang sama.
2)
Ilustrasi dan tata letak
Ilustrasi atau gambar
yang digunakan tidak menggunakan warna.
e.
Keunggulan
1)
Kedalam pembahasan
Pembahasan materi
tentang bagian-bagian panca indera manusia dibahas secara rinci dan luas hingga
materi sangat jelas sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
2)
Kelengkapan latihan dan soal
Buku ini dilengkapi
dengan berbagai sumber belajar yang dapat mengukur kemampuan hasil belajar
siswa seperti rangkuman materi, refleksi, evaluasi, dan tugas pekerjaan rumah
dan memberikan latihan dan soal. Sistimatika buku ini dapat memberikan pemahaman
siswa secara menyeluruh.
3.
Kesimpulan
Pembahasan
buku ini memiliki kelemahan dan kelebihan, sehingga guru perlu mengkaji secara
kritis agar tidak menghambat pemahaman konsep siswa dalam belajar.
Kedalam
materi yang disajikan dalam bahan belajar ini sudah dapat dijadikan pedoman
guru dalam mengkaji bahan-bahan pembelajaran bagi siswa, khususnya mengenal
bagian-bagian tubuh.
Rangkuman
materi sudah jelas dan bahan latihan atau soal dapat dijadikan soal latihan dan
bahan penyusunan soal ulangan harian untuk siswa.
4.
Saran
a.
Perbaikan terhadap kekurangannya
Penguraian
materi tentang bagian-bagian tubuh dilengkapi gambar yang tepat sehingga
keterbacaannya jelas apa yang diuraikan.
b.
Pemanfaatan keunggulan dalam pembelajaran di kelas
Guru
dalam menguraikan dan menjelaskan materi dapat mengacu pada kedalaman kajian
dari buku ini karena lebih dalam dan luas sehingga siswa memiliki yang jelas
tentang bagian- bagian panca indra manusia.
Uraian
yang berupa cerita dan bahasa yang digunakan apabila dikarakterkan dengan pembelajaran
Bahasa Indonesia aspek membaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar