Sabtu, 22 Agustus 2015

Contoh Bahan Kajian Kritis Sekolah Dasar

A.    Bahan Kajian Kritis
Bahan ajar/bahan yang diajarkan
B.     Materi Kegiatan
Judul                     :    Panca Indera Manusia
Sumber                 :    Buku Sumber IPA Erlangga
Jenjang                  :    Nasional
Penulis                  :    Drs. Haryanto
Contoh Bahan Kajian Kritis Sekolah Dasar

Tahun Terbit         :    2007
C.    Aspek Yang Dikaji Secara Kritis
Ø  Keterbacaan sistimatika, bahasa
Ø  Tingkat kesulitan bagi siswa
Ø  Keadalaman siswa
Ø  Ilustrasi dan tata letak
D.    Hasil Kajian
1.      Ringkasan Tentang Materi Kajian
a.       Bagian-bagian panca indera manusia
Mata, telinga, lidah, hidung, kulit
b.      Kegunaan bagian-bagian panca indera manusia
-          Mata untuk indera penglihat
-          Telinga untuk indera pendengar
-          Lidah untuk indera pengecap
-          Hidung untuk indera pembau dan sebagai jalan pernapasan
-          Kulit untuk indera peraba dan sebagai pelindung tubuh
c.       Cara merawat panca indera manusia
-      Makan makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata
-          Kebersihan telinga harus dijaga agar lubang telinga tidak tersumbat
-       Hindarilah memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, gunakan sikat gigi yang bersih dan lembut.
-        Setiap hari, hidung dibersihkan
-      Untuk kebersihan kulit, mandilah dua kali sehari, serta cucilah tangan dan kaki sebelum tidur. Makanlah makanan yang banyak mengandung vitamin E.

2.      Kritik
d.      Kelemahan
1)      Keterbacaan (sistimatika/bacaan)
Terdapat penempatan gambar dengan petunjuk yang tidak akurat sehingga keterbacaannya oleh siswa kurang tepat, bahkan dapat membingungkan. Contohnya gambar 1.17 bagian-bagian mata manusia menunjukkan kornea (selaput bening) dan iris (selaput pelangi), padahal keduanya harus berbeda satu tempat tempat karena iris (selaput pelangi) adalah selembar otot yang terletak dibelakang karena sementara tampak pada gambar adalah kornea dan iris ada pada tempat yang sama.

2)      Ilustrasi dan tata letak
Ilustrasi atau gambar yang digunakan tidak menggunakan warna.
e.       Keunggulan
1)      Kedalam pembahasan
Pembahasan materi tentang bagian-bagian panca indera manusia dibahas secara rinci dan luas hingga materi sangat jelas sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.
2)      Kelengkapan latihan dan soal
Buku ini dilengkapi dengan berbagai sumber belajar yang dapat mengukur kemampuan hasil belajar siswa seperti rangkuman materi, refleksi, evaluasi, dan tugas pekerjaan rumah dan memberikan latihan dan soal. Sistimatika buku ini dapat memberikan pemahaman siswa secara menyeluruh.
3.      Kesimpulan
Pembahasan buku ini memiliki kelemahan dan kelebihan, sehingga guru perlu mengkaji secara kritis agar tidak menghambat pemahaman konsep siswa dalam belajar.
Kedalam materi yang disajikan dalam bahan belajar ini sudah dapat dijadikan pedoman guru dalam mengkaji bahan-bahan pembelajaran bagi siswa, khususnya mengenal bagian-bagian tubuh.
Rangkuman materi sudah jelas dan bahan latihan atau soal dapat dijadikan soal latihan dan bahan penyusunan soal ulangan harian untuk siswa.
4.      Saran
a.       Perbaikan terhadap kekurangannya
Penguraian materi tentang bagian-bagian tubuh dilengkapi gambar yang tepat sehingga keterbacaannya jelas apa yang diuraikan.
b.      Pemanfaatan keunggulan dalam pembelajaran di kelas
Guru dalam menguraikan dan menjelaskan materi dapat mengacu pada kedalaman kajian dari buku ini karena lebih dalam dan luas sehingga siswa memiliki yang jelas tentang bagian- bagian panca indra manusia.
Uraian yang berupa cerita dan bahasa yang digunakan apabila dikarakterkan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia aspek membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar