Rabu, 15 Februari 2017

Penyakit Amnesia dan Cara Pencegahannya

Amnesia atau hilang ingatan adalah istilah yang digunakan saat seseorang tidak bisa mengingat informasi, pengalaman, atau kejadian tertentu. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba atau semakin parah secara perlahan-lahan.
Ingatan yang hilang bisa berupa hal yang baru saja terjadi atau kenangan yang telah lama berlalu. Orang yang mengidap amnesia juga bisa mengalami kesulitan dalam mempelajari informasi baru atau membentuk ingatan baru.

Jenis-jenis Amnesia

Amnesia bisa dikategorikan dalam dua jenis utama. Pembagian ini berdasarkan jenis ingatan pengidap yang mengalami gangguan. Kedua jenis amnesia tersebut adalah:
  • Amnesia anterograde yang terjadi ketika penderitanya kesulitan untuk mengingat hal-hal yang terjadi setelah periode atau tanggal tertentu. Pengidap amnesia ini hanya bisa mengingat hal-hal untuk jangka pendek.
  • Amnesia retrograde, yaitu jenis amnesia di mana penderitanya tidak bisa mengingat informasi masa lalu sebelum periode atau tanggal tertentu. Contohnya, kehilangan ingatan sebelum tanggal menjalani operasi besar atau mengalami kecelakaan.
Seiring bertambahnya usia, kemampuan mengingat kita umumnya akan mengalami penurunan. Meski demikian, amnesia juga bisa menjadi gejala dari penyakit atau masalah kesehatan yang lebih serius. Anda lebih baik memeriksakan diri ke dokter jika mengalami hilang ingatan yang mengkhawatirkan Anda, misalnya hilang ingatan yang terjadi tanpa penyebab yang jelas.

Penyebab Amnesia

Amnesia bisa disebabkan oleh berbagai jenis kondisi, khususnya yang memengaruhi kinerja otak. Beberapa di antaranya meliputi:
  • Cidera pada kepala, misalnya akibat kecelakaan.
  • Stroke.
  • Ensefalitis atau peradangan otak.
  • Penyakit atau kondisi tertentu, misalnya penyakit Alzheimer dan tumor otak.
  • Ketergantungan minuman keras untuk jangka panjang.
  • Trauma psikologis, misalnya pada korban kejahatan seksual.

Diagnosis Amnesia

Langkah diagnosis yang tepat diperlukan dalam diagnosis amnesia. Ini dilakukan untuk memastikan penyebab dasar serta jenis amnesia yang Anda alami.
Sama seperti penyakit lain, tahap awal diagnosis amnesia dimulai dari dokter yang menanyakan detail gejala-gejala disertai riwayat kesehatan Anda dan keluarga. Pemeriksaan selanjutnya berupa tes darah, CT scan atau MRI juga mungkin dianjurkan guna menghapus adanya kemungkinan penyakit lain.
amnesia

Penanganan Amnesia

Langkah utama dalam menangani amnesia adalah terapi, contohnya terapi okupasi serta terapi kognitif. Dalam terapi, pengidap amnesia akan mempelajari metode untuk membantu daya ingatnya. Misalnya, mempelajari strategi dan teknik dalam mengatur informasi agar mudah diingat.
Anda juga bisa menerapkan langkah-langkah sederhana untuk membantu aktivitas sehari-hari Anda. Beberapa strategi yang mungkin akan berguna meliputi:
  • Senantiasa membawa alat tulis agar Anda bisa segera mencatat segala informasi yang Anda peroleh.
  • Selalu menaruh benda yang dibutuhkan sehari-hari di tempat yang sama, contohnya kunci rumah.
  • Manfaatkan kemajuan teknologi, misalnya menggunakan fitur alarm pada ponsel untuk mengingatkan Anda pada kegiatan tertentu.

Amnesia dan Demensia

Demensia adalah sekumpulan gejala yang berhubungan dengan penurunan kinerja otak. Hilang ingatan memang termasuk salah satu gejala dalam demensia. Meski demikian, kedua kondisi ini tidaklah sama. Mengalami hilang ingatan belum tentu berarti Anda otomatis mengalami demensia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar