Tujuh Lapis Bumi Dalam Hadits dan Sains

Berbagai studi bidang geologi telah membuktikan bahwa bumi terdiri dari tujuh zona. Zona itu teridentifikasi dari lapisan dalam hingga luar.

Lapisan penyusun bumi terdiri dari tujuh lapisan yaitu inti dalam padat, inti luar cairan, lapisan selubung bawah, selubung tengah, selubung atas, zona bawah kerak berbatu, dan zona atas kerak berbatu.

Inti dalam padat

Lapisan ini sebagian besar (90%) merupakan besi dan 9% nikel. Sebagian kecil lapisan ini merupakan elemen seperti karbon, fosfor, sulfur, silikon, dan oksigen (1%). Diameter inti ini diperkirakan sekira 2.402 km. Kepadatannya diprediksikan rata-rata sekira 10-13,5 gm/cm kubik. Bagian initi tersebut dianggap sebagai bumi ketujuh.

Inti luar cairan

Inti ini merupakan inti cair yang melingkupi inti padat dan terdiri dari komposisi kimia yang hampir sama dengan inti padat, namun wujudnya cair. Ketebalannya diperkirakan sekira 2.275 km. Inti cair ini dipisahkan dari inti padat oleh zona transisi semicair dengan tebal sekira 450 km. Bagian yang membentuk 31% massa bumi ini dianggap sebagai bumi keenam.

Lapisan selubung bawah (lower mantle)

Ini merupakan zona padat yang mengelilingi inti cair bumi. Ketebalannya mencapai 2.215 km. Lapisan ini dipisahkan dari selubung tengah oleh lapisan pembatas yang ditandai dengan diskontinuitas kecepatan seismik gelombang gempa. Lapisan ini disebut sebagai bumi kelima.

Selubung tengah (middle mantle)

Ini merupakan zona padat dengan ketebalan sekira 270 km. Zona ini dipisahkan dari lapisan atas dan bawahnya oleh dua tingkat diskontinuitas gelombang seismik. Salah satu tingkat itu sekira 670 km dan yang lainnya yaitu 400 km di bawah permukaan bumi. Bagian ini merupakan bumi keempat.

Tujuh Lapis Bumi Dalam Hadits dan Sains

Selubung atas (upper mantle)

Kondisi zona ini semicair dengan tingkat kepadatan dan kelekatan yang relatif tinggi. Zona ini dikenal sebagai astenosfer. Kedalamannya antara 65-120 km hingga 400 km di bawah permukaan bumi. Dengan ketebalan berkisar antara 335 dan 380 km, zona ini disebut bumi ketiga.

Zona bawah kerak berbatu (Litosfer)

Zona ini memiliki ketebalan berkisar antara 40-60 km. Teletak di bawah laut dan samudera pada kedalaman antara 60-80 km serta 120 km di bawah permukaan daratan bumi. Zona yang berada di atas selubung atas ini dianggap sebagai bumi kedua.

Tujuh Lapis Bumi Dalam Hadits dan Sains

Zona atas kerak berbatu (kerak bumi)

Ketebalan zona ini berkisar antara 5-8 km di bawah dasar laut dan samudera serta antara 60-80 km rata-rata di bawah daratan. Lapisan ini sebagian besar terdiri dari granit yang berbalut sedimen, kemudian tanah yang tebal dan lembut. Struktur ini sebagian besar terdiri dari unsur ringan yang merupakan massa daratan. Yakni berupa batuan dasar, batuan ultrabasa, dan beberapa sedimen yang ditemukan di dasar laut dan samudera. Kerak bumi ini merupakan bumi pertama.

Penjelasan ilmiah ini rupanya telah dijelaskan oleh Rasulullah dalam sabdanya, seperti dikutip dari dalam buku ‘Miracles of Al-Qur'an & As-Sunnah’.

“Siapa saja yang merampas tanah orang lain meskipun hanya sejengkal, maka lehernya akan dililiti dengan tanah tersebut mulai dari permukaannya ke bawah hingga tujuh lapis bumi,” HR Bukhari.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »