Sabtu, 14 Oktober 2017

Hasil Karya Gemilang Al-Jazari

Tak pernah habis kekaguman cendekiawan Donald R Hill pada peralatan teknik yang dihasilkan insinyur dan ilmuwan terbesar di bidang teknik dan mekanik yang dimiliki umat Muslim, al-Jazari. Menurut dia, peralatan tersebut tak mungkin diabaikan ilmuwan di dunia. Ia beralasan, apa yang diciptkan al-Jazari sarat dengan dasar-dasar pengetahuan teknik yang sangat penting.

Hill kemudian bergerak lebih jauh. Ia mengalihbahasakan literatur teknik fenomenal yang ditulis al Jazari, yakni Kitab fi Ma'rifat al-Hiyal al-Hindasiyya. Buku ini menjadi rujukan bagi pakar teknik di seluruh dunia hingga berabad-abad lamanya. Ia mengatakan, al-Jazari menguraikan 50 peralatan hasil temuannya.

Selain itu, terdapat pula serangkaian instruksi untuk membuat rancangan, merakit, hingga membangun beragam jenis mesin. Hingga kemudian, Sultan Nasir al-Din Mahmoud, yang merupakan pejabat yang melindungi kegiatan ilmiah al-Jazari selama 25 tahun, memintanya untuk menciptakan lima peralatan praktis.

Sang ilmuwan menyanggupi. Tiga peralatan hasil ciptaannya berupa mesin air. Ia memodifikasi teknologi Mesir dan Assyria kuno, yakni shaduf dan saqiya. Kedua alat itu dahulu kala digunakan untuk mendapatkan air, terutama di wilayah yang tandus. Dua mesin pertama merupakan pengembangan lebih jauh dari alat yang disebut shaduf.

al jazari

Alat ini terbuat dari balok kayu untuk memompa air dari sumbernya. Mesin ketiga serupa dengan saqiya yang merupakan mesin air bertenaga hewan keledai atau kuda. Mesin keempat diakui sebagai perintis penggunaan engkol pada mesin. Terdiri atas balok kayu panjang, lantas bergerak naik turun dengan memanfaatkan alat engkol dan gerigi.

Yang bisa digerakkan dengan tenaga manusia atau hewan. Dengan mengandalkan engkol, kinerja sebuah mesin bisa meningkat hingga beberapa kali lipat karena sanggup mempercepat perputaran roda. Alat kelima yang ia buat adalah silinder piston untuk menggerakkan mesin air.

Pipa air dipasangkan pada silinder piston dan kemudian memompa serta menyedot air dari sumber mata air. Banyak peralatan lainnya yang diwariskan al-Jazari. Antara lain jam gajah, jam air, pompa air, roda mekanis, dan alat cuci tangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar